15
Dec
08

Para Freegan Silakan Caci Maki GW *lol*

Heheheh… kalo kalian yang ngebaca blog ini ada yang merasa sebagai seorang freegan, baru bolehlah silakan caci maki gaya hidup gw. Kalo masih nyangkut di embel2 greenpeace, aktivis lingkungan, anti produk yahudi whatsoever, yang hanya bisa menyalahkan “one side coin” mending kalian ke laut aje😆

Bingung bukan apakah freegan itu? Untuk lebih jelasnya silakan tanya ama akang wiki😆

Singkatnya freegan adalah orang-orang yang mempunyai gaya hidup yang bener2 anti-konsumerisasi, dalam bentuk yang bener2 extrim. Gw tahu istilah ini setelah tadi pagi nonton Oprah Winfrey Show di rumah temen. Dalam keadaan setengah tidak sadar (karena baru abis bangun tidur), pertama2 gw anggap menjijikan tuh orang2, tapi akhirnya gw salut ama mreka, karena emang mreka komit ama kehidupan anti-konsumer mreka.

Contoh freegan yang dilihatkan di Oprah adalah para “dumpster diving”. Yup, para “pemulung sampah”. Para freegan itu mencari makanannya dari tumpukan sampah supermarket. Mereka mulung sampah bukan karena mreka gak punya duit ato gak ada kerjaan. Salah seorang freegan yang diwawancarai sama Oprah punya gaji dengan nominal 6 digit angka!! (dalam kurs dollar pastinya). Dia dan suaminya hidup adem ayem dengan makanan yang mereka kumpulkan dari sampah-sampah yang mreka ubek2.

Merasa jijik? awalnya juga gw merasa jijik ama kelakuan mreka sebelum akhirnya gw melihat “sampah2” yang mreka ubek2😆 For God sake, makanan di sampah itu bener2 hampir harmless!! Kebanyakan mreka huntingnya di tempat pembuangan supermarket. Jadinya yang mereka dapetin juga makanan dengan kualitas yang lumayan. Walo namanya juga nyari makanan dari trash gitu sih gak kayak orang indo sini, nyari makanan di sampah yang udah gak layak makan.

Sayuran yang masih segar dan terbungkus plastik supermarket, buah2an segar yang cuma ada noda item dikit,sereal yang belum kadaluarsa, satu lusin telur segar yang di dalamnya cuman ada satu ato dua telor yang pecah, dan bahkan daging ikan yang use date-nya masih lama!! Itu smua gampang banged didapatkan di sampah2 itu. Dan kalo udah masuk “gudang penyimpanan” para freegan itu, makanan2 sampah itu gak bakalan noticable itu asalnya dari sampah.

Bahkan waktu hunting ke tempat pembuangan toko bakery, mreka dapat satu bungkus gede bagel layak makan😆

Kemudian ada juga sepasang suami-istri newly weed yang juga freegan (and they are so cute!!!). Sang suami adalah seorang dokter dan sang istri adalah seorang insinyur teknik sipil. “Hobi” mreka adalah mengumpulkan “sampah2 furniture” untuk menghias ruangan apartemen mreka.

Selain para pemulung itu, dari yang gw baca di wiki, para freegan juga ada yang menanam sendiri makanan dan obat2an mreka di pekarangan rumah.

Gw bener2 excited dan kagum pas nonton acara itu. Di dunia ini memang ada yang mengambil langkah seextrim itu untuk idealisme mreka, dan gw sangat2 salut!! Dibandingkan para (sebagian) aktivis yang slalu dan slalu saja menyalahkan perusahaan asing (yang mreka sendiri gak taw perusahaan apa dan gimana) dan mengadakan kampanye (dengan paksaan) di mall2? ato orang2 merasa suci yang ngotot mencaci maki militer barat dan amerika dan sistemnya padahal ngeblog pake wordpress?(gw gak taw sapa yang nyiptain wordpress, tapi stau gw, internet itu dikembangkan oleh militer amerika untuk tujuan militer, tanpa militer amerika, gak ada yang namanya internet) ato orang2 yang ngotot gak maw minum aqua karena itu buatan yahudi padahal mreka gak sadar, berapa banyak saham orang2 yahudi di produk2 yang mreka pake tanpa sadar (selain aqua itu).

Kalau memang gak bisa komit dengan idealisme sendiri, kenapa malu jadi seorang realis?😆 Gw dengan jujur mengatakan bahwa seorang Sheila ini belum mampu menjadi seorang freegan, dengan faktor yang macam2. Slain gw kurang yakin dengan kondisi “persampahan” di Indonesia, which jangankan di sampah, di mall aja kadang kita bisa dapatkan makanan yang gak layak makan dan nyari buah2an yang mulus2 banged itu susah banged. Kedua, gw memang belum punya kekuatan hati sebesar itu >.<  Jadi kalo seorang freegan sejati mencaci gw, silahkan,  gw layak dicaci oleh orang2 yang punya komitmen kuat seperti mreka.

Jadi…adakah yang minat jadi freegan baru dan ngubek2 sampah di belakang mall Amplas? (sapa taw nemu cheese cake-nya ato roti abon-nya BreadTalk yang punya prinsip tidak menjual makanan sisa kemaren😆 )


13 Responses to “Para Freegan Silakan Caci Maki GW *lol*”


  1. December 15, 2008 at 8:10 pm

    pertamaxxxxxxxxxxxxxxxxx

    hm… aya jadi bingung mau ngomong apa. saya juga bingung ngetiknya coz sekarang aku lagi make keyboard yang sekeras keyboard imitasiny ala.tek..tek..yek… bikin males banget….
    yang penting saya komen perama dulu. hehehehehe… besok lagi disambung deh

  2. December 15, 2008 at 8:20 pm

    @viest : gah lu ngerjanya “nyampah” aja, mentang2 bahasan gw tentang sampah. btw, padahal zie2 tadi niatnya maw komen pertama, keduluan dia rupanya😆

  3. 3 Ziezahworld
    December 15, 2008 at 8:51 pm

    Ho oh ni keduluan iis,ya sud tak apa dah…jadi no.2 ajah….
    Klo makanan,indonesia jangan deh,gimana klo jadi freegan gadget aja shel?apa barang elektronik gt,lumayan tuh.

  4. December 16, 2008 at 10:10 am

    klo sama sheila aq mau…

  5. December 17, 2008 at 8:33 pm

    wuih sheil !!! aku kebetulan banget lagi cari2 info ttg ini !!! alhamdulillah… dapeeeeet… hehehe… lumayaaaaan… nambah ilmu deh gue….

  6. December 19, 2008 at 10:07 am

    @rafa : maw apa?

    @hanna : kamu maw jadi freegan han😆

  7. December 24, 2008 at 11:55 am

    Sepertinya diIndonesia ndak ada itu Freegan… Kecuali terpaksa oleh keadaan…
    Soalnya alammnya kaya… Buminya kaya… orang2nya kaya…

  8. December 24, 2008 at 9:34 pm

    @ tengkuputeh : gah, amrik sono yang kaya aja ada freegan kok😀 yang saya sebutin di atas salah satu freegan gajinya 6 digit dalam kurs dollar lo, kurang kaya apa lagi coba😀

  9. January 3, 2009 at 8:45 am

    Oooooo…. baru tau ada istilah freegan…. info baru neh…

    Wah, kalo gw kayaknya ga bisa deh hidup kayak gitu…. susah…. >.<

  10. January 23, 2009 at 5:57 pm

    Klo saya ambil jln tengah. Yakni mengurangi ketergantungan thd produk mereka.
    Tentunya kita ga mau kan memberi keuntungan kepada Yahudi agar mereka lbh leluasa membantai saudara2 kita?
    Tapi tentunya kita juga butuh produk tsb, karena sangat jarang sekali org Muslim yg mampu menciptakan produk spt itu.
    Jadi klo menurutku solusinya, jika tdk terpaksa memakai produk mereka, lbh baik jangan.
    Dan pilihlah produk bikinan org Muslim, karena akan meningkatkan perekonomian Islam.
    Jika tdk ada produk Muslim, ya pilihlah produk dlm negeri, setidaknya kita ikut andil memajukan produk dlm negeri.

    Tapi ya itu tergantung individu masing2, ada yg merasa gengsi klo pake produk dlm negeri tar ga bisa pamer. Klo dah spt itu ya mau gmn lg.
    Lain klo pertimbangannya mslnya klo produk luar itu jauh lbh awet, karena klo produk dlm negeri cepet rusak, kan boros jadinya.
    Tapi kan ga semua produk dlm negeri itu jelek.

    Lagipula sekarang sdg masa resesi, jadi sdh saatnya utk lbh mencintai produk dlm negeri. Dan berwisata di dlm negeri (terutama bagi yg srg ke luar negeri).

  11. January 24, 2009 at 8:59 am

    freegan ga cuman gimana cara kamu ngais ngais sampah buat cari makan, freegan merupakan alternatif gaya hidup baru yang anti konsumerisme, dalam kata lain di dunia sekarang sudah cukup banyak pemborosan dari segi apapun, teknologi, makanan, dan barang-barang yang sudah di anggap ga up to date dibuang secara wasted. penerapan freegan yang bisa dilakukan di indonesia mungkin memulai dengan tabling food not bombs atau really really free market, yang mendistribusikan makanan dan barang yang masih layak pakai secara gratis. kami di balikpapan sudah merintis budaya freegan sejak satu tahun yang lalu, dan kami menamakan diri kami Kolektif Nol Rupiah.

  12. January 26, 2009 at 12:33 am

    @rahmat :

    gak smua perusahaan dalam negeri itu bagus, contoh pln dan pertamina.

    @dede : wah kereeeeennnn……….ternyata anak kalimantan juga ada yang freegan!!! salut deh, berjuanglah mas, maaf saya masih terlalu konsumer saat ini >.<

  13. January 26, 2009 at 6:17 am

    kalo gitu aku termasuk freegan ga ya? aku naek sepeda kemana mana sebagai bentuk anti pemanasan global. saat ini aku berusaha banget mengurangi penggunaan plastik. menurutku yang terpenting 3m mulai dari saat ini, mulai dari hal yang kecil, mulai dari diri sendiri untuk menjadi sesuatu yang besar.


Leave a Reply

Selamat Datang


Selamat Datang di blog pribadi saya. Blog ini berisi bermacam macam tentang apa yang terjadi di sekitar saya dan apa yang saya sukai dan saya benci :D
Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya :)

December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Chat dengan Nona Sheila!

Kirim Pesan YM

My Tweety

  • @Bukalapak_Care Di transaksi itu sy ada dicharge dana pelayanan 70rban apa dana itu tidak dikembalikan ke sy juga karena transaksi gagal? 6 days ago
  • @Bukalapak_Care sudah dibatalkan oleh seller transaksinya, kira2 kapan uang sy refund ya? Trims :) 6 days ago
  • @Bukalapak_Care kok batas refundnya jadi 3x24 ya? Di policynya kan 2x24, sellernya susah sekali dihubungi dan sy mau beli brg di lapak lain. 6 days ago
  • @Bukalapak_Care nomor transaksi 160332180039 seller tidak ada proses lebih 2x24 jam dan dihubungi slow respon, tolong segera ditindak 6 days ago
  • Balik lagi ke dunia twitter karena keknya ini tempat paling asik buat misuh2 😂🙈 1 month ago

Archieves

GROUP


Pernah Ngutang di KANTIN MILAN
The Garden Of Everything Fanlisting

RSS Kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

My Devious Gallery


++++++++++++++++++++++
visit my gallery
++++++++++++++++++++++




my latest work


-Elizabeth-

my featured work


-Azure-

Quote of The Day

Hippies.They're everywhere. They wanna save the earth, but all they do is smoke pot and smell bad.
-Eric Cartman-

Blog Stats

  • 111,078 hits

