24
May
08

Naiknya BBM dan Mimpi blue energy

Yak sodara sodara, baru saja BBM di seantero Indonesia naik. Buat para kawan kawan mahasiswa dan sodara rakyat sebangsa, dimohon jangan bertindak anarkis yach. Carilah solusi yang lebih baik, jangan mengulang tragedi 10 tahun silam🙂 .

Ya, gw termasuk orang yang agak kurang setuju dengan kenaikan BBM. Bukan karena imbasnya harga komik naik (iya gw marah harga komik naik, tapi masi bisa gw tolerir). Gw mungkin tidak terlalu terasa imbas kenaikan BBM. Tapi yang membuat saya tidak suka adalah kalo ada bau busuk di belakang kenaikan harga BBM ini. Seperti yang gw kasi tau di postingan sebelumnya, gw dah baca artikel Kwik Kian Gie soal subsidi BBM. Dan baru saja saya jalan jalan di salah satu blog alumni UGM . Di situ gw membaca tanggapan mpunya blog yang juga keknya ahli dalam bidang per-BBM ini😀 .

Artikelnya bagus, paling tidak gw ga kemakan satu omongan artikel ajah. Walaupun ada beberapa hal yang ga gw mengerti (karena dasar otak gw aja kali ye yang ga nyampe😛 ).

Okelah, kalo memang benar negara nombok sebegitu besar dana subsidi yang membuat APBN collapse, ga adakah cara lain? Misalnya pajak PPN untuk pertamax? Efisiensi belanja pejabat gitu. Kenapa harus rakyat kecil yang dikorbankan untuk pembangunan ini. Oke kita memang harus berkoban sebagai rakyat INdonesia, tapi kita rakyat bukan tumbal untuk politik para pejabat.

Gaji anggota DPR, tunjangan, biaya inventaris DPR dll yang mewah buat anggota DPR yang kerjanya bikin UU ga penting itu kalo diefisienkan masi sangat bernilai kok. Naikkan pajak rokok. Biar orang Indonesia tu ya yang ga miskin ato kaya nyadar, uang itu bukan untuk ‘dibakar’. Apa? kiyai kiyai tukang rokok maw nuntut, dasarnya apa? Kalo demi negara why not. Trus cabut subsidi avtur, kalo perlu kasi pajak aja skalian. Trus pengawasan Pertamina. Ini penting. Kok ya bisa perusahaan ini rugi mulu, konsepnya gimana si?

Yang di atas mungkin jangka pendek. Kalau maw jangka panjang, ubah sistem produksi minyak kita, masi layakkah kita menjadi NET IMPORTIR? Tepatnya masi ada untungnyakah? Trus energi alternatif. Saat ini ga usah mimpi jauh ke blue energy, pake yang ada aja dulu kek batu bara. PLN udah saatnya menggunakan PLTU, jangan pake diesel mulu, boros dan ga efisien.

Harapan gw di atas mungkin cuman bisa jadi utopia kalo pemerintah cuman maw memikirkan kepentingan segelintir orang dan populeritas politik. Gw ga respect sama Wiranto yang koar koar turunkan BBM. Wong gw yakin 100% kalo dia juga bakal ngelakuin hal sama atau lebih parah kalo posisinya seperti SBY sekarang.

SBY sebaliknya ya mbok jangan ngeles kayak anak kecil. Kalo dah ngomong ya ngaku aja, pamor anda sudah sangat turun, ditambah kounter ala anak kecil (seperti yang dikatakan bung Hatta Rajasa “SBY tidak pernah berjanji, di dalam kata-katanya tidak ada kata janji” kira2 seperti itu lah). La kalo SBY ngomong “saya tidak akan menaikkan harga BBM pada tahun 2008” memang artinya si SBY ga salah naikkan BBM karena di kalimatnya dia tidak menggunakan kata janji. Ingat umur paaaak…ngeles kok kayak anak kecil. Minus one point for u😛 .

Hoh…habis dari jalan2 liat artikel soal BBM gw nyemplunk ke artikel soal Joko Suprapto. Sapakah dia? Ternyata ini orang udah terkenal saban tahun 2007. Dianggap sebagai messiah di kala dunia (terutama Indonesia) dilanda krisis energi fosil.

Joko Suprapto orang jokja (ato nganjuk? saya ga ngerti daerah2 di jawa😛 ) konon lulusan Teknik elektro UGM. Penemuan mutakhirnya adalah the so called blue energy. Yang membuat Presiden kita Pak SBY rela mendengus dengus knalpot untuk memastikan minimalnya emisi dari temuan yang katanya harganya separuh harga premium ini.

Hebohnya lagi, ternyata akang Joko dikabarkan menghilang baru2 ini. Ga jelas rimbanya. Konon dia diculik oleh para perusahaan perusahaan minyak😆 .

Blue energy, kalo dalam kamus akang Joko adalah bahan bakar pengganti bahan bakar fosil yang terdiri dari air laut. Eits, bukan berarti air laut dimasupin ke dalam tempat bensin di motor.

Sejauh dari penalaran gw dari artikel2 yang gw baca, jadi si akang Joko ini bisa mecah H20 menjadi Hidrogen dan Oksigen ( CMIIW ). Dan dari segala macam eksperimen molekul tak jelas itu jadilah air dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Untuk lebih jelas itung itungan fisikanya liat aja di sini.

Kalo dari kesimpulan gw, pemecahan atom H20 itu bisa saja tapi sangat tidak ekonomis dan tidak bisa diproduksi langsung secara massal. Mungkin kurang lebih seperti solar cell.

Nah, hebatnya akang Joko kita di rumahnya bisa melakukan experimen yang udah banyak dicoba sama ilmuwan ilmuwan Universitas yang canggih. Lagian experimen ini bukan pertama kali ditemukan akang Joko, kalo ga salah si Stanley Meyer itu apa ya CMIIW.

Trus tampaknya juga beberapa kalangan menganggap air sebagai bahan bakar baru lebih cenderunk ke hoax. Apalagi temuan akang Joko ini, mnurut gw dah 68 % hoax😆 .

Yang memalukkan dari kisah ini adalah bahwa SBY kemakan omongan akang Joko. Sampai pake acara merekomendasikan ke konferensi global warming di Bali waktu itu. Dan keknya malah udah sempat digemborkan di acara ituh😆 .

Bahkan seharusnya blue energy ini akan dipresentasikan pada tanggal 20 mei bertepatan dengan acara kebangkitan Nasional.

Dan ntah kenapa pas tadi YM-an ama Gendon gw kepikiran kalo masalah kenaikan BBM ini ada kaitan erat dengan si akang Joko Suprapto. Hehehe…kenapa?

Gini nih mnurut teori gw.

Joko Suprapto mulai berkoar soal blue energy pada tahun 2007, pada saat itulah SBY melihat presentasinya dan terkagum kagum dengan inovasi akang Joko sampai bela belain mau nyium knalpot. Pada tahun 2007 juga mnurut pakde Wiranto SBY mengakui bahwa beliau tidak akan menaikkan BBM pada tahun 2008. Udah liat benang merahnya? Oke gw tambah lagi, gw rasa si SBY ini saking kagumnya dengan teknologi blue energy, sampai dengan pedenya mengatakan bahwa tidak ada opsi kenaikan BBM pada tahun 2008, karena beliau sudah merasa mendapatkan harta karun baru yaitu BLUE ENERGY. Kalaupun Minyak dunia naik SBY masi punya senjata untuk menanggulanginya makanya beliau sempat bikin tim blue energy karena SBY bener bener menaruh harapan pada penemuan akang Joko.

Nah waktu berlalu, diharapkan akang Joko sudah merampungkan penemuannya supaya lebih efisien. Tanggal 20 Mei pun datang, Hari Kebangkitan Nasional yang notabene direncanakan untuk mempresentasikan inovasi baru akang Joko ternyata harus batal karena sang creator lenyap tak berbekas!!! SBY pun bingung dan kemudian sukur sukur dia sadar dan searching di google kalo ternyata blue energy hanyalah sekedar hoax. Cuman mimpi di atas mimpi.

Tau kalo blue energy hoax, ditambah lagi akang Joko hilang, plus Minyak Dunia dah nembus 133dollar/barrel, hehehehe…apa yang harus sby lakukan. Dan boom, naiklah harga BBM😀 .

Ckckckckck….. Gw kira bodohnya negri ini sampai berita antara masukin berita hoax soal april mop aja, eh ternyataaaaa…..presidennya juga kemakan hoax!! Mampos dah!! Makan tuh air laut sampai kembung😛


34 Responses to “Naiknya BBM dan Mimpi blue energy”


  1. May 24, 2008 at 9:28 am

    No, no, blue energy itu bukan sekedar hoax. Blue energy itu tetap saja salah satu energi alternatif yang paling potensial saat ini. Kamu harus coba mengerti lebih jauh sebelum membuat statement, riset tentang blue energy sebenarnya bukan hanya dilakukan oleh Joko Suprapto, riset lebih jauh misalnya telah dilakukan di Belanda. Produksi Blue Energy secara lebih murah dan massal masih mungkin dilakukan. Energi alternatif memang masih mengalami banyak kendala, tapi kenaikan terus menerus dari energi tak terbarukan seperti focil cell juga merupakan kendala sangat besar bagi masyarakat miskin di seluruh dunia.

  2. May 24, 2008 at 11:16 am

    kalo cari solusi dan opini mengenai energi alternatif (terlepas hoax atau bener2), lihat keamanan dan efektifitasnya bagi lingkungan keuangan negara dan efisiensinya. kalo qt nyebut si A, pratai B, tokoh C yah boleh aja tapi jangan ikutan judge untuk realita yang fakta sebnernya qt belum mengerti.

    Kalo dikatanakn banyak energi alternatif yup banyak, tapi perlu ingat efesiense bagi negara dan lingkungan. tenaga surya (solar cell) tidak mudah dan ekonomis, energi h2o sudah ada koq dieropa sebagai bahan bakar, juga energi angin (wind turbine) di laut lepas inggris yang didanai oleh SHELL (perushaan minyak belanda itu lho, walaupun bulan kemaren mereka menarik diri dari proyek ini). batu bara boleh juga diapke,tapi iungat berapa emisi gas buang nya yang mencemari udara, cukup cina saja yangjadi kontributor polutan dengan banyaknya pembangkit listrik batu bara mereka, yang perlu dikembangkan yah energi recyclable itu (seperti air, panas bumi)

    kalo bicara segala sesuatu saat ini yang tampak spt “khayalan”, ya tentu kita akan umum bilang “ah mana mungkin, ah hoax itu, ah bisa2nya aja”. Tp evolusi dan perkembanngan peradaban manusia bermula dari visi dan impian, i.e: apa yang jepang miliki melalui komik dan anime mereka tentang teknologi dan sejenisnya yang tidak berhasil mereka kembangkan, apa pernah jaman batu dulu terbayang manusia bisa hidup di luar angkasa bahkan menginjakkan kaki di bulan dan planet lain.

    btw, nice review u;ve got here, keep the info flow ..

  3. May 24, 2008 at 12:24 pm

    Artikel di Blog ini bagus dan berguna bagi para pembaca.Anda bisa lebih mempromosikan artikel anda di http://www.infogue.com dan jadikan artikel anda topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin/widget.Kirim artikel dan vote yang terintegrasi dengan instalasi mudah dan singkat.Salam Blogger!!!

    http://nasional.infogue.com/
    http://nasional.infogue.com/naiknya_bbm_dan_mimpi_blue_energy

  4. May 24, 2008 at 12:36 pm

    @mas triaslama:
    hm..bener…emang bisa blue energy itu diterapkan tapi kan ga segampang itu. dari yang aku baca sih…fusi atom H20 itu susah (bisa tapi susah) ga ekonomis dan blum bisa diproduksi masal. sama seperti tenaga surya, bisa tapi sampai sekarang blum bisa dipake banyak karena biaya produksinya jauh lebih mahal. CMIIW

    maksud saya hoax di sini ini si akang joko itu loh. segampang itu apa bikin bbm dari aer? saya juga blum jelas konsep blue enrgy si joko ini gimana, dari artikel yang saya baca juga simpang siur. barusan baca di forum kaskus kalo si joko pake konsep elektrolisis yang sebenarnya hitungan emisinya jauh lebih besar daripada pake premium.

    yang saya ga suka itu ga jelasnya ini loh, si joko pan cuman koar koar bisa pake air laut untuk mengganti bbm dengan harga kisaran 3000/liter. hitung2annya gimana? air lautnya itu diapain?
    itukan sama aja mengatakan ke masyarakat kalo mobil bisa jalan tanpa bbm dengan tenaga surya, tanpa penjelasan ilmiah, orang awam mikirnya ooohh mobilnya tinggal dijemur aja bisa jalan sendiri. pake tenaga surya lebih murah soalnya cuman pake sinar matahari.
    padahal kenyataannya solar cell mahalnya minta ampun.

    gitu loooo….lagian dari gelagatnya yang tiba2 ilank muncul ga jelas ketahuan banged ni orang ada bau bau ga benernya.

    dan kalo emang si joko ini bener nemuin blue energy yang ekonomis dan bisa diproduksi masal udah jaman konferensi global warming di bali udah pada heboh. ini ga ada gaungnya gitu.

  5. May 24, 2008 at 12:55 pm

    @atrix:
    ho oh. saya si fifti fifti ajah soal bahan bakar alternatif. bersyukur kalo ada riset yang maw nyari bahan bakar baru yang murah ramah lingkungan.

    saya berharap kok dengan bahan bakar air, cuman agak pesimis aja (iyah saya bukan orang optimis) tapi bagus aja kalo sudah ada riset dan ilmuwan yang mencoba🙂

    iya saya menjudge sby karena saya udah terlanjur kecewa ama ni presiden.

    soal hoax, yang hoax itu koar nya si joko mungkin😆 udah saya jelasin di komen ke mas triaslama. yang positifnya si kalo bener dia bisa bikin bahan bakar air laut alhamdulillah, bagus lah. kalo pun bohong, paling gak ngakulah…ga usah ngeles masup rumah sakit kena serangan jantung😛

    yang saya ga suka kalo isu isu blue energy ini sengaja dihembuskan dan ada muatan politiknya (again). karena masalah kenaikan bbm lagi panas panasnya ini.

    kalo saya sih mawnya selain nyari energi alternatif gimana juga kita nyari pengolahan limbah yang terbaik. batu bara kita masi lumayan banyak, kalo dijadikan PLTU buat PLN lebih bagus daripada diekspor ke luar negeri ato jadi briket kompor yang ga laku.

    btw, terima kasih atas komentarnya🙂

  6. 6 blackenedwing
    May 24, 2008 at 2:10 pm

    No, no, blue energy itu bukan sekedar hoax. Blue energy itu tetap saja salah satu energi alternatif yang paling potensial saat ini. Kamu harus coba mengerti lebih jauh sebelum membuat statement, riset tentang blue energy sebenarnya bukan hanya dilakukan oleh Joko Suprapto, riset lebih jauh misalnya telah dilakukan di Belanda

    Blue energy itu maksudnya yang mana ?
    Riset di Belanda itu maksudnya yang mana ?

    Kalau “blue energy” Joko ini sih bau hoax-nya dah kenceng banget dari awal-awal beritanya. Indikasinya, semua klaim berasal sepihak dari pihak Joko. Semua serba “katanya”. Tidak ada verifikasi klaim dari LIPI, BPPT ataupun kalangan akademik. Anehnya kok banyak yang percaya begitu saja pada “keajaiban blue energy”.

    Waktu itu ada klaim dari Joko kalau memproduksi “blue energy” ini menggunakan listrik PLN. Padahal listrik PLN itu tarifnya disubsidi, dibangkitkan menggunakan BBM yang juga disubsidi. Gimana ceritanya “blue energy” bisa menjadi bahan bakar alternatif nan murah ? (klaim Joko harga blue energy Rp 3000/l)
    BBM–>listrik–>”blue energy”–>mesin, apa gak malah boros energi ?

    energi h2o sudah ada koq dieropa sebagai bahan bakar

    …wait, what ?O_o

    Kalau mau lihat debat panas blue energy ini, coba berkunjung ke blog-nya pak Priyadi.

  7. May 24, 2008 at 2:20 pm

    nonasheila wrote :

    Gini nih mnurut teori gw.

    Joko Suprapto mulai berkoar soal blue energy ………..
    …….
    ……. mimpi di atas mimpi.
    Menurut gue sih, Joko habis disekap intel amerika/ agen perusahan minyak, dipaksa menghentikan penelitiannya😛

  8. May 24, 2008 at 2:21 pm

    udah…
    tengah malem tadi udah nyabanin blog mas priyadi malah heheheheheeeee….

    Gini nih mnurut teori gw.

    Joko Suprapto mulai berkoar soal blue energy ………..
    …….
    ……. mimpi di atas mimpi.
    Menurut gue sih, Joko habis disekap intel amerika/ agen perusahan minyak, dipaksa menghentikan penelitiannya😛

    😆 jangan2 dia kek di pilem ironman ditangkap sama taliban disuruh bikin bom berbahan bakar air😆

  9. 9 mybrainsgrowell
    May 26, 2008 at 7:30 am

    indonesia lewar bppt pada Kongres Nasional Konsorsium Fuel Cell Indonesia tahun 2005 telah memperkenalkan prototipe sepeda motor berbhan bakar fuel-cell. diberi nama Versa.

    emang versa belum bisa melaju di jalanan. fuell cell atau sell tunam yang jadi pembangkit energi buat sepeda motornya masih sering ngedrop. jadi masih perlu dibuat sirkuit yang lebih konsisten.

    kotak sell tunam (fuell cell stack) adalah jantung energi versa. fungsi nya untuk mengubah hidrogen jadi energi listrik yang memicu gerakan motor. selain fuell stack tadi masih ada tangki hidrogen mini (hydrogen storage) bertekanan 30-50 bar, serta motor listrik berkekuatan 400 watt.

    hydrogen storage tadi fungsinya buat nampung bahan bakar hidrogen kek tangki bensin yang biasa kita lihat. untuk saat ini tangkinya baru bisa buat 2 jam saja.

    nah versa ini punya banyak kelebihan: selain gak berisik, juga agak ada asap knalpot. bahkan versa ini gak punya kanlpot. hanya selang kecil buat mmemancarkan air. jadi begini konversi hidrogen jadi listrik cuma menghasilkan uap air.

    sayang nya ketika kita baru menciptakan prototype ini, toyota udah ngeliris mobil berbahan bakar hidrogen komersil seharga 1M. Singapura aja sudah mendirikan 2 unit SPBU berbahan bakar hidrogen, meski baru ada 6 mobil hidrogen yang bersliweran di jalanan singapura.

    so kendaraan berbahan bakar hidrogen is not hoax.

    disarikan dari buku “kekuatan daya saing indonesia: mempersiapkan masyarakat berbasis pengetahuan//Zuhal”

  10. May 26, 2008 at 10:50 am

    mybrainsgrowell wrote :

    so kendaraan berbahan bakar hidrogen is not hoax.

    err, gak ada yang bilang bahan bakar hidrogen itu hoax🙂

  11. May 26, 2008 at 11:05 am

    @mybrain : laaaaahhh…kendaraan yg mas sebutin itu emang ada.kalo ga salah namanya mobil hybrid CMIIW. itu ada emang. yang saya tekankan hoax di sini adalah koar si joko ituuuh. pan dua bilang mobil mazda 6 aja bs pake bahan bakarnya yang dr aer laut😛

    dan lg yg mas sebutin itu hidrogen, bukan aer looo, bahan bakar hidrogen is soooo 5 minutes ago😆

    @black : bener😀

  12. 12 misdi
    May 26, 2008 at 2:41 pm

    Mas joko tak u’u’…

  13. 13 mybrainsgrowell
    May 26, 2008 at 4:58 pm

    hehe.. gak nyambung ya.. tapi hidrogen kan bisa di ambil juga dari air.

  14. May 26, 2008 at 6:37 pm

    he…ga segampang itu ngambil hidrogen dari air. rumusnya emang gampang cuman mecah H20 hadi hidrogen dan oksigen, tapi itu susah. perlu panas yang tinggi, selevel matahari. lah energi sebesar matahari itu dapad dari mana?

  15. 15 mybrainsgrowell
    May 27, 2008 at 7:11 am

    kan hidrogen gak cuman di ambil dari air doank..

  16. May 27, 2008 at 10:02 am

    makanya, yang saya bahas di sini kan bahan bakar dari air. yang hoax itu bahan bakar dari air si joko suprapto itu. kalo bahan bakar hidrogen udah lama ada, tapi kendaraannya khusus. jadi ga guna dipake untuk kondisi indonesia sekarang karena yaaa….sapa yang maw bli mobil baru lagi😆

  17. May 28, 2008 at 3:49 pm

    Begini saja bahwa Joko penemu blue energy dan yang kasih nama blue energy itu SBY, jadi mudah diterka sajalah kalau si Joko ada unsur penipuan dan yang ditipu itu RI 1, bisa kita mengerti kalau masalah blue energy akan redup oleh waktu, semua pejabat akan melindungi RI 1 dari ejekan , kok bisa bisanya presiden kok diapusi wong Nganjuk, kalau di Suranaya si Joko itu keterlaluan dan disebut diancuk dobol jaran. Nipu mbk ya level orang orang awan kan banyak la kok nggak tanggung tanggung presidennya sendiri ditipu.
    kurabg lebih presiden juga manusia biasa, bung Karno ya pernah kena tipu si raja orang Kubu Idrus, si Gusdur ya pernah diakalin sama dukun pijatnyam pak Harto dengan Markonah, pak Habibi dengan industri pesawat terbanya yang terlalu canggih ketipu sama yang jaul teknology kurang tepat guna dinegara yang masih terbelakang, si ibu Megawati diblituk orang orang sekelilingnya yang suruh jual asset negara ke asing. Nah kembalai ke blue energy yang semula mau dikasih nama minyak rakyat nersatu tetapi nggak jadi tapi blue energy mungkin terisnpirasi kalau laut itu biru dalam atau langit biru itu tidak berawan, dan blue nergy ramah lingkungan, orang suda bilang ayak ayak wae.
    Percayalah si Joko punya ambisi korupsi ingin memperkaya diri secara instant dan dengar dengar dari Heru Lelono staff Sby berapun duit buat keperluan si Joko untuk mengembangkan blue energynya disupport oleh SBY… sugih dadakan orang kjawa bilang dan obsesinya kepingin kaya dadakan keturutan, blue energynya is nothing
    Berikutnya mbok ya kalau bener dia lulusan insinyur tehnik elektro UGM mbok ya rektor UGM kasih confirmation jangan hanya diam doang, nggak usah malu punya alumni kaya si Joko Suprapto even project nya bakalan hanya mimpi tapi kan sudah bisa bikin geger orang seantero dunia, orang Indonesia biasa menemukan ilmu mengubah air laut jadi BBM, jangan kalau insinyurnya berhasil wah cepat cepat ini lho lulusan dari UGM itu namanya kurang fair…..unfair gitu
    Wis cukup lumayan panjang omongan gue

  18. May 28, 2008 at 9:50 pm

    weheee…mas benerrrr…saya lihat di forum KG sudah ada pihak UGM yang bilang kalo si joko itu adalah penipu.

    bukannya apa sih…tapi yaa…presiden SBY itu apa di sekelilingnya ga ada orang yang sedikid lebih pintar gitu. orang ahli gituh. sampe bisa kepincut sama teori joko itu😆

    yah…smoga si joko dapad balesan yang setimpal, mawnya sih harusnya sby lapang dada aja gitu mengakui kesalahannya ketipu🙂 kalo ditutupi gitu kesannya ga gentle, lagian dah kesebar sampai konferensi global warming di BALI🙂

    ini membuktikan bahwa orang ahli hanya sedikid di sekeliling sby, bagaimana tuh?

  19. May 29, 2008 at 5:35 pm

    inget galian harta karun di batu tulis di jaman megawati kan? presiden kita kayaknya semuanya kena hoax deh. gimana, ada usul gak buat bikin hoax buat presiden kita ke depan yang terpilih.

    gw benernya kasian tuh sama SBY, udah doktor masih kena juga maenan begini. masih inget juga kan kasus agung laksono ketua DPR yang kena tipu bank gelap yang pake nama jerman. terus terang gw ragu dengan kadar intelektualitasnya SBY.

    mau dibawa kemana ya bangsa kita?

  20. May 29, 2008 at 5:58 pm

    hohoho…blum lagi kasus bayi yang bisa ngaji sama tambang mas busang, kalo dilist bisa masup metro10 THE BIGGEST HOAX IN INDONESIA:mrgreen:

    iya tuh, sby mah bisa nyanyi nangis sama modal tampang doank….kasus joko ini bener2 menjatuhkan pamor sby di mata gw

  21. 21 blackenedwing
    May 30, 2008 at 4:58 am

    http://www.ugm.ac.id/index.php?page=rilis&artikel=1375

    Apa ini berarti orang UGM lebih cerdas/ rasional daripada orang IPB ?:mrgreen:

    PS. Buat lulusan IPB, sorry, no offense🙂

  22. May 30, 2008 at 9:20 am

    loh…sby lulusan IPB?:mrgreen: bukannya dulu juga dia pernah ketipu pupuk ‘ajaib’? dikemanakan ilmu bertaninya ituuh?

    dan lagi si pihak akang joko ini mengkonter lagi, dah bikin lab risetnya di cikeas kan?

    harusnya sby ke kampus gw ajah, minta privat kimia dasar:mrgreen:

  23. 23 Surya
    May 30, 2008 at 8:13 pm

    Menurutku issue bahan bakar hydrogen itu mau dipake memukul BBM Nabati, kalau BBM nabati kan bisa dihandle sama rakyat buta huruf pun mampu, yang intinya cuma menanam pohon penghasil minyak nabati, nge-pres bijinya, dan proses lanjutannya bisa dibuat di sentra pengolahan mini skala kampung sampe jadi BioDiesel. kalau ini diseriusin memang sangat positif, dan hampir 90% peralatan bisa dibuat sendiri memang juga masih ada beberapa material yang harus impor.

    Sedangkan hidrogen, 1. Kita perlu tenaga nuklir (PLTN) buat membelah air menjadi hidrogen, entahlah kalau PLTA Jatiluhur, Karangkates, Sigura-gura mau dikerahkan semua kira-kira bisalah dapet hidrogen, cuma konsekwensinya kota-kota jadi gelap-gulita
    Atau kembangkan dulu energi kincir angin dan energi ombak / pasang surut di Parangtritis biar dipake mainan Nyai roro kidul ha..ha..ha… atau Jutaan keping Solar cell (kalo mendung pabrik hidrogen ini harus istirahat, karyawan boleh maen gaple).
    2. Kalo gas hidrogen sudah dapat jadi supaya transportable harus dikecilin atau dengan kata lain dicairkan, ini perlu alat lagi karena hidrogen harus dimampatkan sampai sekian ratus kali kerasnya pemompaan ban angkot, dan harus didinginkan sampai amat sangat dingin, barulah gas hidogen itu bisa cair dan dimasukkan kedalam botol baja yang lebih tebal daripada tabung elpiji, jago mencairkan gas itu adalah Mbah Karl von Linde, dan ini perlu energi lagi, dan alat-alat industri untuk ini juga harus beli.
    3. Untuk jalankan mobil perlu Fuel cell, itu kotak yang kalo dimasukin hidrogen dan dicampur dengan oksigen dari udara maka timbul listrik dan gas buangnya cuma uap air macam ngrebus air, jadi macam aki tapi pake 3 lobang (lobang masuk Hidrogen, lobang Oksigen dan lobang gas buang), inipun buatan orang luar negri sono dengan hak paten, jadi harus beli lagi, gak bisa dijiplak ntar masuk penjara.
    4. Merobah seluruh permobilan di Indonesia pakai motor listrik supaya bisa jalan pake listrik. 5. Sistim pengangkutan dan SPBU juga harus dirobah semua pake tangki-tangki tekanan tinggi kalo sampe ada kecerobohan dan meledak satu kota bisa habis.

    Ini semua kalo diikutin akan berapa ribu triliun duit yang akan dilarikan keluar-negeri, dalam bentuk soft-loan kali ?, inilah hebatnya globalisasi.

    Kalo nekat terus dgn BBM nabati, biar minyak jarak atau sawit mau diperdagangkan dengan harga 20 ribu per literpun, duitnya ngga pergi keluar negeri, duit itu masuk kantong bangsa sendiri juga, dan tetap berputar dinegeri ini.

    Sebaiknya kembali konsentrasi ke BBM Nabati, buat menekan subsidi BBM Minyak-bumi, sambil riset terus sampai anak-anak Indonesia mampu main hidrogen tanpa ketergantungan pihak luar, kalau bisa bikin nuklir sendiri boleh juga numpang bikin rudal nuklir antar benua, tapi memperkaya uranium sendiri juga sudah dilarang sama internasional (tapi Ahmaddinejad nekat…!), jadi harusnya beli nuklir batangan yang sudah diperkaya oleh orang sono, kalo dipakai mentenagai reaktor pada tahun kesekian habis ya harus beli lagi kesono, jadi semuanya adalah ketergantungan, cuma BBM nabati yang benar-benar lepas dari ketergantungan karena teknologinya kampungan dan semua orang bisa melakukannya.

  24. 24 Surya
    May 30, 2008 at 8:42 pm

    Bahan Bakar Hidrogen kalau dihitung dari hukum Hess ketemunya, energi nuklir dipakai buat membelah air dan hidrogen nya dipakai jalankan mobil, jadi akhirnya energi hasil reaksi inti yang stationer diakalin supaya energinya bisa dipindahkan supaya bisa mobile.

  25. May 30, 2008 at 9:10 pm

    BBM nabati itu maksutnya minyak jarak itu? hm, saya blum terlalu mengenal teknologi ini, tapi katanya lagi dikembangkan (saya blum tau untung ruginya teknologi minyak jarak ini), tapi kalaupun banyak untungnya, keknya indonesia produksi kelapa sawitnya blum cukup kan?

    kalau sekarang juga saya masih pesimis dengan teknologi hidrogen itu, tapi ini yang hidrogen murni lo, bukan yang dipecah dari air. khusus hidrogen dari air artikel yang saya dapad juga simpang siur (apa otaknya saya aja yang ga nyampe yak😆 ) molekul air sangat stabil itu perlu daya yang besar untuk dipecah jadi hidrogen dan oksigen, untuk memecahnya katanya perlu reaksi fussi dan itu perlu energi besar, dan sampai sekarang (saya baca) blum ada yang bisa cold fussi.

    kalaupun pake hidrogen (bukan pecahan dari air) pan kendaraannya harus khusus, ini repot lagi. apa maw pemerintah mengganti angkot2 jelek yang buanyak itu dengan mesin khusus?

    jadi solusi hidrogen sebenarnya bukan solusi tepat untuk indonesia saat ini. kalo diriset si boleh saja, dan bermanfaat skali, tapi menggunakan teknologi hidrogen sekarang kok ya saya kira rakyat indonesia blum siap aja gitu.

    Atau kembangkan dulu energi kincir angin dan energi ombak / pasang surut di Parangtritis biar dipake mainan Nyai roro kidul ha..ha..ha… atau Jutaan keping Solar cell (kalo mendung pabrik hidrogen ini harus istirahat, karyawan boleh maen gaple).

    gak praktis mas, baik energi ombak dan solar cell itu biaya pengembangannya suangat mahal sekali. kalo kincir angin si…ga tau ya:mrgreen: blum baca baca

    ntah ini bener atau tidak…tapi ini pikiran idealis saya sih, bagaimana kalau indonesia menata perusahaan2 yang menangani energi fossil kita dulu, dinasionalisasi kalo bisa dan dicari lagi sumber baru, untuk indonesia keknya solusi ideal tepat dan cepat adalah ini. kalau gejolak bahan bakar fossil bisa diatur pemerintah (seperti di venezuela) baru kembangkan riset bahan bakar alternativ seperti minyak jarak dan yang lainnya untuk produksi masal.

    hehehe…itu cuman pikiran nyeleneh saya aja sih😀

    btw, makasih atas komennya yah🙂

  26. 26 Surya
    May 31, 2008 at 2:50 am

    Membelah air menjadi hidrogen dan oksigen bisa dilakukan semua anak sma.
    caranya: satu liter air bersih tambahkan satu tetes asam sulfat supaya air tsb bisa menghantarkan listrik (karena air murni tidak menghantar listrik) ambil battery atau aki, ujung plus dan minusnya masukkan kedalam air tsb dgn jarak 1 atau 2 cm, nah lihat diujung kabel tsb akan muncul gelembung2, dari ujung plus gelembung itu adalah gas oksigen dan dari ujung yang minus gelembung itu adalah gas hidrogen, kalau ditampung maka ada 1 bagian volume oksigen dan 2 bagian volume hidrogen maka air itu nama kimianya H2O yang bearti 2 molekul Hidrogen yang bersenyawa dengan satu molekul Oksigen.
    Inilah yang disebut Elektrolisa air yang sudah diajarkan sejak SMA.
    Molekul air atau H2O adalah molekul stabil yang tidak menyimpan energi, jadi kalau mau dibelah dibutuhkan energi.
    Nantinya pada saat 2 bagian volume hidrogen dan satu bagian volume oksigen dipertemukan dan disundut dengan percikan api maka campuran 2 gas tersebut bersenyawa kembali menjadi air dan melepaskan energi (dalam bentuk panas), energi yang dibutuhkan untuk membelah sama dengan energi yang dihasilkan pada saat 2 gas tadi meledak dan menjadi air kembali, alias impas.
    oleh karena itu unsur hidrogen di dunia ini selalu dalam bentuk senyawaan dan tidak ada hidrogen yang bisa ditangkap langsung dalam bentuk gas hidrogen murni dari sumber manapun, karena kalau didunia ini ada hidrogen murni sedangkan atmosfir bumi ini 20% adalah oksigen maka bisa dibayangkan seluruh dunia ini akan penuh kebakaran dan ledakan.

    Konsepnya bahan bakar hidrogen adalah dengan mengerahkan energi listrik untuk membelah air, sesudah dapat hidrogen-nya kemudian hidrogen dicairkan dengan jalan dimampatkan dan didinginkan (ini butuh energi lagi), sudah itu ditaruh di tabung baja (yang lebih tebal daripada tabung elpii) terus ditaruh di mobil yang menggunakan Fuel-cell (tidak ada lagi motor bakar didalam mobil)sifat Fuel-cell kalau dimasukin Hidrogen dan dari lobang satunya dimasukkan udara yang mengandung Oksigen maka terjadilah reaksi yang menghasilkan energi listrik (langsung berbentuk listrik, bukan ledakan yang mendorong piston macam di motor bakar)dan hasil reaksi nya adalah uap-air sebagai gas buangnya (kembali menjadi H2O).
    Selanjutnya listrik yang dihasilkan dari Fuel-cell tadi disuruh memutar motor listrik yang ada di roda mobil tsb, dan mobilpun berjalan dgn gas buang yang sangat bersih yaitu uap-air doang.

    Masalahnya untuk membelah air dibutuhkan listrik, jadi bagaimana bisa murah ?
    contoh: X liter air akan terbelah menjadi 2 volume Hidrogen dan 1 volume oksigen membutuhkan energi Y kilowatt listrik. dan untuk mencairkan hidrogen dibutuhkan lagi energi sebesar Z kilowatt, jadi Hidrogen yang siap pakai untuk bisa mobile nilainya adalah Y+Z Kilowatt (Kilowatt tinggal diuangkan, per kilowatt sekian rupiah), padahal pada saat Hidrogen yang didapat dari X liter air tsb dimasukkan kedalam Fuel-cell dan aubereaksi dengan Oksigen dari udara maka diperoleh energi sebesar Y kilowatt dan menghasilkan kembali X liter air, inilah yang disebut hukum Kekekalan-energi, jadi energi tidak bisa dibuat bisanya cuma dipindahkan atau dikonversi menjadi energi bentuk lain.

    Kalau yang Anda maksud dari Hidrogen murni, itu namanya Reaksi-Inti atau Nuclear-Fusion, berdasar pada E=mc2, yang intinya bahwa semua benda (materi)itu bisa dibuat hilang (benar2 hilang, tidak menjadi benda lain) maka sebagai gantinya akan muncul energi sebesar Massa benda tsb dikalikan dengan kwadrat dari kecepatan cahaya dlm cm per detik. dan inilah ledakan nuklir, jadi bukan hanya hidrogen, tetapi sebutir kerikilpun atau sebutir kotoran kambingpun kalau dibikin hilang maka sebagai gantinya akan muncul ledakan nuklir yang bisa memusnahkan

  27. May 31, 2008 at 8:24 am

    hoh, makasih pencerahan nyah:mrgreen:

    iyah…saya juga baru ingat tulisan priyadi soal elektrolisis ituh (ketahuan kimianya jeblok pas sma😆 )

    tapi kalo pake elektrolisis sama aja boonk dunk, pan listrik pake bbm juga…untuk sementara di indo listrik pake bbm, kalo gitu ngapain repod2 elektrolisis🙂

    mending minyak jarak yak😀

    oiya tau kira2 kenapa teknologi bbm nabati yang mas sebutkan itu ga sebegitu berkembangnya?

  28. 28 blackenedwing
    May 31, 2008 at 11:19 am

    Biodiesel gak berkembang karena pabrik perlu pasokan besar dan kontinyu agar bisa menguntungkan secara ekonomis. Artinya kita perlu lahan luar biasa luas untuk menjamin kelangsungan pasokan bahan baku. Padahal kita juga perlu lahan tersebut untuk mendapatkan beras, jagung, kelapa sawit, sayuran, palawija, dll.

    Kalau mau menambah lahan, ya harus mbabat hutan lagi (yang sudah botak di sana-sini), secara besar-besaran.

    Mau ?

  29. June 3, 2008 at 1:00 am

    SBY emang lulusun s2/s3 ipb. Tema tesis/desertasinya emang uda kenegaraan bgt pas itu. Jadi kira-kiranya dia ngejalanin tesisnya di negara kita🙂

    Kalo soal minyak jarak, betul banget butuh lahan yang luas…
    selain itu, pengolahannya juga lumayan mahal kan?

  30. June 3, 2008 at 1:28 pm

    hoho…lulusan doktor ipb kok bisa kena tepu ‘pupuk ajaib’😛
    oiya…mungkin sama kek tifta yang kena tepu hoax virus kontak ym yang dikirim temannya yang anak teknik itb😛

  31. 31 punkt
    June 6, 2008 at 3:58 pm

    keknya blue energy tu hoax aja deh, dulu aja pernah juga tu ada kejadian kyk gini, cari aja artikel “gasoline pill” di wikipedia

  32. June 6, 2008 at 10:23 pm

    buktiin aja pake aer campuran rinso buat jalanin motor:mrgreen:

  33. 33 Sya
    June 17, 2008 at 12:30 am

    sebenarnya, penemunya menghilang karena gak bisa buktiin. bukan karena disuruh tutup mulut. itu teori konspirasi, hehehe…
    gitu aja kok percaya,
    emang orang Indonesia gampang dibodohin, hehehehe……

  34. June 17, 2008 at 8:29 am

    ya olooo…itu pan cuman perkiraan sarkas gw…
    ya, kita sama2 orang indo laaa….sama2 gampang dibodohin😛


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Selamat Datang


Selamat Datang di blog pribadi saya. Blog ini berisi bermacam macam tentang apa yang terjadi di sekitar saya dan apa yang saya sukai dan saya benci :D
Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya :)

May 2008
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Chat dengan Nona Sheila!

Kirim Pesan YM

My Tweety

  • @Bukalapak_Care Di transaksi itu sy ada dicharge dana pelayanan 70rban apa dana itu tidak dikembalikan ke sy juga karena transaksi gagal? 6 days ago
  • @Bukalapak_Care sudah dibatalkan oleh seller transaksinya, kira2 kapan uang sy refund ya? Trims :) 6 days ago
  • @Bukalapak_Care kok batas refundnya jadi 3x24 ya? Di policynya kan 2x24, sellernya susah sekali dihubungi dan sy mau beli brg di lapak lain. 6 days ago
  • @Bukalapak_Care nomor transaksi 160332180039 seller tidak ada proses lebih 2x24 jam dan dihubungi slow respon, tolong segera ditindak 6 days ago
  • Balik lagi ke dunia twitter karena keknya ini tempat paling asik buat misuh2 😂🙈 1 month ago

Archieves

GROUP


Pernah Ngutang di KANTIN MILAN
The Garden Of Everything Fanlisting

RSS Kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

My Devious Gallery


++++++++++++++++++++++
visit my gallery
++++++++++++++++++++++




my latest work


-Elizabeth-

my featured work


-Azure-

Quote of The Day

Hippies.They're everywhere. They wanna save the earth, but all they do is smoke pot and smell bad.
-Eric Cartman-

Blog Stats

  • 111,078 hits

%d bloggers like this: