22
Apr
08

Bumi yang disayang hanya 1 hari dalam setahun

Hari ini adalah hari bumi. Teman saya tadi siang memamerkan bahwa dalam rangka hari bumi, maka hari ini pun dia memakai baju berwarna hijau. Saya cukup kaget, dan agak sedikit menyesal karena kenapa tadi pagi ga memilih baju berwarna hijau saja (saya adalah green holic), ya biar dikit dikit disangka care sama lingkungan lah😀 (padahal pasti ga tau hari ini hari bumi kalo ga dikasi tau temen).

Sebagai orang yang asalnya dari sebuah pulau yang notebene dikatakan sebagai paru-paru dunia, saya adalah manusia yang cukup tidak peduli pada lingkungan sekitar. Bukan berarti saya orang tidak beradab yang slalu buang sampah sembarangan looo…saya slalu menyimpan bungkus permen saya dalam tas kalo ga ada tong sampah. Maksutnya saya tidak cukup peduli dengan penanaman pohon di hutan, sayangilah hutan dan etc. Padahal di Kalimantan, walaupun terkenal akan hutan dan orang utan nya, tapi sumpah….saya blum pernah masuk hutan Kalimantan apalagi liat secara langsung orang utan😀 . Yah…kalo lewat di depan hutannya sih sering (kalo perjalanan Samarinda-Balikpapan vice versa slalu melewati kawasan hutan lindung Bukit Suharto). Bahkan yang namanya outbond menyusuri hutan kayak pas ospek aja baru pas kuliah di jokja ini.

Hutan Kalimantan rusak dan etc, tapi saya blum sama skali merasakan perubahan yang cukup signifikan. Kalo banjir di Samarinda mnurut gw itu mah pemkotnya yang dudul karena ga biasa menata kota dengan baik dan benar. Asap kabut? hmmm….padahal dulu pas sma lumayan sering joging pagi pagi tapi penglihatan fine-fine aja tuh. Malahan prasaan kalo cuaca jauh tidak waras cuaca di jokja, kemarau sama musim hujannya ga bisa ditebak dan kemaraunya kayak di neraka kalau dah hujan kayak numpah air seember aja dari langit. Kalau saya nengok ke bawah pas naik pesawat pun pulau Kalimantan masi ijo ijo aja tuh. Daripada ngurusin hutan saya lebih suka kalo pemda Kalimantan ngurusin jalan trans Kalimantan dan pendidikan.

Tewrus apakah hutan tidak perlu dipedulikan? Ya harus la ya say…Hari bumi ini bagus sekali. Saya jadi ingat kampung halaman saya🙂 . Tapi ntah kenapa saya merasa kalo hari bumi ini kok jadi latah aja gitu. Barusan liat di berita, di suatu kampus dilarang menggunakan vehicle di kawasan kampus trus para mahasiswa membagikan bibit pohon mahoni. Trus teman gw yang anak sospol ngajakin sepeda gembira (yang langsung gw tolak karena gw ga bisa naek sepeda) smua dalam rangka hari bumi. Hari ini bumi dimanja. Mungkin emisi di bumi berkurang cukup signifikan khusus untuk hari ini. Tapi besok…emisi mulai merambah bumi lagi🙂 .

Saya mungkin tidak pantas mengomentari hal ini secara saya seperti yang dikatakan sebelumnya, seorang yang cukup ignorant. Saya membuang-buang kertas (hobi menggambar saya memakai banyak kertas), membuang-buang plastik (hobi belanja saya tidak jelas), menyalakan laptop 24 jam bahkan saya malas menggunakan sabun isi ulang (males ngisinya). Tapi saya mengakui bahwa saya memang salah satu manusia kurang ajar emang😀 .

Sebagai balasannya, mungkin suatu saat kalo saya jadi pejabat di kampung halaman saya, Insya Allah….saya akan melibas habis para pelaku illegal logging (terutama yang dari malingsia). Bapak saya bekerja di sektor pertambangan dan kayu, jadi saya tahu banget seluk beluk usaha ’emas’ ini. Dan emang, kami orang Kalimantan hanya kecipratan dikid aja dari hasil bumi kami. Jadi….orang luar sana….janganlah menghakimi kami orang borneo yang hutannya mulai sekarat….karena apa yang kalian rasakan sekarang hasil menguras sumber daya bumi kami.

Hoe? yang di atas rada OT yah😀 …ga papa la ya…dikid dikid menumpahkan kekesalan😀 .

Btw, kembali ke hutan….saya akui, walau saya orang Kalimantan tapi sejumput keindahan Kalimantan pun saya blum pernah liat (secara langsung) termasuk Anggrek Hitam legendaris (yang dulu sempat mohon2 ama teman yang kebetulan orang dayak buat ngambilin Anggrek Hitam di kampungnya tapi dia tolak karena takut di tebas kepalanya ;p ). Dulu waktu SMA saya punya guru privat, cewe, dia punya kenalan bule yang kalo ga salah lagi studi di pedalaman Kalimantan Timur. Saya diperlihatkan buku tebal yang berisi foto dan penjelasan si bule tersebut tentang Kalimantan Timur. Sumpah!! Tu buku keren banget!! Saya aja sampe bilang gini “Beneran ini ada di Kalimantan?” Halaman pertama yang saya liat itu adalah gambar air terjun di tengah hutan (Air terjunnya tinggi banget) yang dishot dari atas dan di atas air terjun itu ada siluet pelangi. So beautiful >.< Trus ada gambar para penduduk pedalaman.

Yah…saya bersyukur juga…banyak hutan di Kalimantan yang masih virgin, alias blum terjamah….hutan yang seperti itulah yang bener2 indah mnurut gw. Bukan hutan yang ada jalan setapak dan bungkusan aqua😛 .

Teman-teman yang mendukung hari bumi, dan cukup peduli dengan hutan Kalimantan saya ucapkan terima kasih. Mudah2an hari bumi yang damai dengan emisi yang berkurang bisa terus terlaksana, mungkin saya akan berpikir mulai belajar naik sepeda? :p Tapi tolong pemkot Jokja, kok ga malu sama masyarakat Jokja yang dah baik2 mengurangi emisi tapi bis-bis jelmaan cumi-cumi (yang srot asap item sana sini) masi keliaran? Kasian kan dah sehat2 naek sepeda di kasi parfum asap item🙂


13 Responses to “Bumi yang disayang hanya 1 hari dalam setahun”


  1. 1 mybrainsgrowell
    April 23, 2008 at 6:04 am

    saya 3 bulan di kalimantan belum pernah liat hutan. bukit suharto? ah itu hutan boong-boongan. apalagi bontang-sangata yang di liat cuman semak belukar, hanya sesekali ada pohon tinggi bgt yg gak ada temenya. sendirian di antara semak belukar. hutan di lingk pabrik aja sekarang udah berkurang byk bgt buat bikin pabrik lagi.

  2. 2 mybrainsgrowell
    April 23, 2008 at 6:06 am

    saya jadi bingung? hutan yg beneran (masih perawan) itu letaknya di mana? atau emang seb udah gak ada? Lol..

  3. 3 sile kara
    April 23, 2008 at 9:01 am

    ya mas baru 3 bulan saya dah 15 tahun lebi looo blum pernah menjamah hutan! Bukit suharto kan kawasan hutan lindung….katanya😛 . Kalo samarinda-bontang kan lewat hutan juga. Saya blum pernah ke sangatta si.
    Hutan perawan? kalo saya liat di buku ntu bule ada tuch. Yang pasti hutan perawan tu yang ga ada jalan setapaknya la ya *lol* Kalimantan kan beda ma jawa, wilayah pemukimannya misah misah…jadi pasti adalah hutan yang blum diliat. Makanya keknya masi banyak orang yang masi buka lahan pertambangan ato usaha kayu.

  4. 4 mybrainsgrowell
    April 23, 2008 at 3:42 pm

    gw yakin se masi ada.tu hutan yg masih perawan. tapi pertama kali dateng ke sini: (perjalanan dari balikpapan-bontang lewat darat) kecewa berat. tak kirain masih byk hutannya. eh ternyata dah pad gundul, dah byk rumh di pinggir” jalan. lol,,,😀
    walaupun banyak perusahaan di bidang kayu yg dah gulung tikar atau minimal gak segemerlap tahu 80an. tapi gw baca di tempo, sampoerna group masih tertarik mengucurkan duit buat bisnis. gede lagi. berarti masih byk hutang yg siap di tebang itu.

  5. 5 ginjie Tampan
    April 23, 2008 at 6:35 pm

    hidup mahasiswa Indonesia!!!!!!!!

  6. 6 Tri
    April 24, 2008 at 5:32 am

    Oh, jadi dalam rangka hari bumi ya. Kalau aku nggak baca postingan mu ini aku malah belum tau kalau waktu2 ini peringatan hari bumi. Apa itu berarti klo aku juga kurang peduli terhadap lingkungan ya🙂
    Tapi aku juga nggak rela kalau hutan gundul, pohon2 besar ditebang begitu saja, hewan2 dibunuh tanpa alasan yg benar. Juga Insya Allah nggak suka buang sampah sembarangan atau perusakan lingkungan. Kapan2 aku pingin juga masuk hutan dan melihat sendiri hewan2 yg disana. Karena itu hutannya harus tetap ada, harus hijau & lebat lagi. Hewannya nggak boleh punah, ekosistemnya baik lagi. Karena katanya “Bumi ini Titipan Dari Anak Cucu Kita, Bukan Warisan Nenek Moyang Kita”.
    Sori kepanjangan komentarnya, tapi untuk kehidupan sekarang dan yang akan datang mari sama2 kita berusaha menjaga bumi ini.

  7. April 24, 2008 at 12:03 pm

    @mas sigit :lo mas,saya malah berharap kalo jalan trans kalimantan itu ada wilayah pemukimannya, jangan hutan mlulu…kalo kita cewek ada ‘panggilan alam’ gimana? masa mau di pepohonan *lol*😀 . kayu emang ga se booming dulu, sekarang lagi booming batubara

    @ginji : hidup apa gir?! lu hari bumi aja pasti ga tau kan ;D

    @mas tri : yup…sapa yang rela kalo hutan2 itu digundulin cuman untuk memuaskan segelintir orang (orang luar lagih) sedangkan orang kalimantan cuman jadi kuli angkat batu. Paling ga saya jarang kluyuran ga penting (kecuali kuliah) jadi menghemat bbm dikid2 lah. Kalo liat hewan mending di bonbin aja kalo masup hutan langsung ceyeum…sukur ketemu hewannya kalo ketemu dedemit?😀

  8. 8 mybrainsgrowell
    April 25, 2008 at 1:07 pm

    pkt juga mau ganti batubara buat di gasifikasi sebagai pengganti gas alam. hhohooho,, setauku batubara polusinya lebih hebat.

  9. April 25, 2008 at 2:15 pm

    pkt bukannya bikin pupuk? bukannya yang ngurusin gas itu pt. badak? CMIIW hehe…tapi batu bara adalah solusi alternatif langkanya minyak lo mas. soalnya minyak kita kan mau abis😀 . soal banyak2an polusi itu tergantung perusahaan aja AMDAL nya gimana, kalo dia habis nebangin hutan buat nyedot batu bara trus ga ditanem lagi itu baru jahat. lagian, setahu saya daerah yang ada batubaranya juga kadang ngeluarin asap sendiri loo? mitosnya si gitu, dulu ada yang namanya api abadi di sekitar bukit soeharto…😀

  10. 10 mybrainsgrowell
    April 25, 2008 at 5:56 pm

    pupuk urea itu bahan baku utamanya gas alam (lupa struktr kimianya apa) dari gas alam ini kemudian diuraikan menjadi amonia (NH3), trus di uraikan lagi di ambil Nitrogenya. trus di padetin kecil-kecil. ada yg tipe granul sama prill. yg di jual ke petani itu yg pril. yg granul buat perkebunan sama ekspor. amonia ada jg yg lgsung di ekspor. dari amonia ini bisa di bikin macem2.

    soal batubara ini byk di protes sama aktifi lingkungan di mana. greenpeace juga. belum ada solusi buat ngurangin polusinya keknya.

    malahan skrg mau di bgn lagi pabrik amonium nitrat di sini. sm australia kalo g salah. bhn baku baku bhn peledak (TNT kalo g salh). semkin serem aja bontang ni.

  11. April 25, 2008 at 8:59 pm

    cie cie….beralih profesi jadi ahli kimia neeeeeh…😀. tapi tapi batu bara adalah salah satu sumber penghidupan warga kalimantan loooo….soalnya tau aja tanah gambut itu ga bisa ditanemin apa2 kayak tanah di jawa…lempar biji padi tumbuh padi…disana dikasi cangkok aja blum tentu tumbuh…

    tenang mas…terakhir saya tahu kebakaran besar di bontang itu yaa…kebakaran mall nya itu😀 . kalo badak dan pkt keknya slama ini ga ada masalah…kecuali dulu ada masalah pipa-isasi sama yusuf kalla(bener ni tulisannya) tapi ga tau kelanjutannya dech…

  12. 12 nusyirwanbjb11
    April 26, 2008 at 1:59 pm

    BUMI tempat kita berpijak dimana ada langit pasti ada bumi…kalau bumi hancur di manakah langit.. langit itu adalah kita yang mejaga bumi supaya tidak hancur..awan di langit itu putih jangan sampai menjadi hitam karena kita…lindungi bumi..bumi adalah makhluk yang paling lemah…
    dimana
    tempat buat
    kita :
    Buang Kotoran
    Sampah
    Asap
    Membuang Bangkai
    pokoknya
    semua kotoran ada di bumi
    bumi tidak marah
    bila dirinya
    dibikin lubang untuk bangunan
    di injak-injak
    dll.
    kenapa kita mesti hancurkan dia ?
    dia sahabat kia..sejak zaman cucu SEJAK ZAMAN NABI ADAM AS bahkan diri kita pun terbuat dari BUMI dan kembali menjadi BUMI
    tapi bumi pasti akan hancur…
    dia akan MENJADIKAN DIRINYA ADA MENJADI TIADA
    bukan berarti kita harus merusaknya.
    kerusakan bumi akibat perbuatan kita yang adalah dosa
    sekarang ….ingin kah bumi cepat hancur
    lakukan perbuatan dosa…
    berzina
    berjudi
    mabuk-mabukan
    extasi
    nge drug
    maka cepatlah bumi akan hancur…
    bumi yang manakah yang akan hancur…… ialah DIRI KITA
    kapan bumi ini akan hancur kalau sang MAHA SUDAH BERFATWA…
    KUN FAYAKUN hancur maka hancurlah dia (bumi) KIAMAT…

  13. April 27, 2008 at 1:50 am

    IMHO komen anda agak berbelit. jadi yang bikin bumi itu hancur manusia ato allah swt?😀

    pengetahuan tentang ketuhanan yang dari dulu membuat saya bingung🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Selamat Datang


Selamat Datang di blog pribadi saya. Blog ini berisi bermacam macam tentang apa yang terjadi di sekitar saya dan apa yang saya sukai dan saya benci :D
Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya :)

April 2008
M T W T F S S
    May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Chat dengan Nona Sheila!

Kirim Pesan YM

My Tweety

  • @Bukalapak_Care Di transaksi itu sy ada dicharge dana pelayanan 70rban apa dana itu tidak dikembalikan ke sy juga karena transaksi gagal? 6 days ago
  • @Bukalapak_Care sudah dibatalkan oleh seller transaksinya, kira2 kapan uang sy refund ya? Trims :) 6 days ago
  • @Bukalapak_Care kok batas refundnya jadi 3x24 ya? Di policynya kan 2x24, sellernya susah sekali dihubungi dan sy mau beli brg di lapak lain. 6 days ago
  • @Bukalapak_Care nomor transaksi 160332180039 seller tidak ada proses lebih 2x24 jam dan dihubungi slow respon, tolong segera ditindak 6 days ago
  • Balik lagi ke dunia twitter karena keknya ini tempat paling asik buat misuh2 😂🙈 1 month ago

Archieves

GROUP


Pernah Ngutang di KANTIN MILAN
The Garden Of Everything Fanlisting

RSS Kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

My Devious Gallery


++++++++++++++++++++++
visit my gallery
++++++++++++++++++++++




my latest work


-Elizabeth-

my featured work


-Azure-

Quote of The Day

Hippies.They're everywhere. They wanna save the earth, but all they do is smoke pot and smell bad.
-Eric Cartman-

Blog Stats

  • 111,078 hits

%d bloggers like this: