18
Apr
08

Toleransi Yang Hilang

Kata toleransi sering gw dengar waktu SD. Masih ingat soal PPKN (waktu jaman gw PPKN, kadang ada yang bilang PMP) tentang toleransi, “Sebutkan contoh toleransi di masyarakat!” dan jawabannya biasanya sih 1. Tidak menyetel radio keras-keras pada saat tetangga sakit 2. Tidak makan di depan orang yang sedang berpuasa sisanya gw lupa, yang paling gw ingat ya yang dua itu de.

Dulu gw rasa toleransi itu adalah hal yang biasa, yaaa…walo kadang ada tetangga yang nyetel lagu keras-keras. Padahal dalam kenyataanya, mnurut gw toleransi adalah sesuatu yang sangat penting dalam Indonesia yang sangat plural ini. Masyarakat Indonesia banyak yang masi kurang bisa melakukan toleransi. Gw liat toleransi hanya diperuntukkan untuk kaum mayoritas. Jadi orang minoritas yaa….tahan-tahan aja dech🙂

Dulu SD kan sudah sering dikasih contoh, jangan nyetel musik keras keras waktu tetangga sakit🙂 . Nah kalo kita ubah sedikit ya seperti ini deh…di kampung tempat gw tinggal dulu (sekarang udah di perumahan yang tentram si) kalo abis magrib menjelang isya masjid di kampung gw slalu disetel lagu-lagu hadad alwi keras-keras dengan toak. Dengan speaker kelas kelas kampung, plus toak suara yang kluar pastilah cemprenk abis. Padahal rumah gw dulu lumayan jauh dari ntu masjid tapi nyampe di rumah suaranya keras betuwll…ngalah2in suara tipi dech, gw aja sampe snewen. Bapak gw ngomong gini, “gimana tuh orang yang rumahnya di samping masjid?”😀

Kalo adzan dikerasin suara toak gw ga masalah, itu panggilan Tuhan. Nah kalo lagu Hadad Alwi? ya walo itu lagu Islam juga mnurut gw itu kurang beretika gitu loch. Bagaimanapun secara tidak langsung itu mempermalukan nama umat Islam di mata non-Islam. Gimana anak-anak yang sedang blajar? pasti bakal terganggu. Gimana kalo ada umat agama lain yang sedang beribadah? pasti terganggu.

Tapi pengurus masjid itu seakan tidak peduli. Mreka merasa betul. Perbuatan mreka yang tidak bertoleransi itu mreka sembunyikan dibalik nama masjid. BULLSHIT. Gw paling benci dengan orang-orang seperti ini. Sama seperti FPI.

Nah FPI ini….orang tak bertoleransi kelas parah. Al-Quran dibaca dengan kamus, bukan dengan pemikiran dan hati. Sadarkah mreka perbuatan FPI ini mempermalukan umat Islam di Indonesia. yah walo kadang gw ada dengar selentingan soal konspirasi dibalik FPI ini.

Barusan juga gw baca brita soal penyerangan pura Sengkareng (CMIIW kalo namanya salah). Ckckckc, tidak adakah yang namanya musyawarah? Dulu di PPKN kan juga sering diajarkan tentang musyawarah.😦

Trus kasus penyerangan salah satu stasiun tipi Cirebon😦

Gw ngomong gini bukan menyudutkan Islam looohh…. Saya cuman ingin agar agama itu menjadi sesuatu yang damai. Janganlah umat Islam gampang tercubit. Sama seperti kasus film Fitna, gembar gembor menentang film ini sampe nyegel yutube manfaatnya di mana? Semuanya masi bisa nonton, pada saat yutube diblok pencarian film Fitna di Google meningkat tajam.

Umat Islam harusnya lebih sabar, memahami akibat yang akan terjadi, bukan berpikiran sempit.

Dan lagi, TOLERANSI……walau kita berbeda agama, suku, ras….kita satu manusia toh? Sama-sama ciptaan Tuhan. SUdah lupakah semboyan Bhineka Tunggal Ika. Harusnya kita malu dengan lagu “Imagine” nya John Lennon. Harusnya kita bisa membuktikan bahwa hidup beragama itu membawa perdamaian bukan darah saudara sendiri.

Seperti salah satu komen di Kompas “Sembahlah Tuhan jangan Sembah Agama”


3 Responses to “Toleransi Yang Hilang”


  1. 1 iam
    April 20, 2008 at 2:39 pm

    aku juga gak setuju dengan FPI… anarkis bgt.
    kalo gak salah, dalam konsep islam gak boleh maen hakim sendiri. Yang berwenangkan pemerintah, harusnya pemerintah yang bertindak. FPI cuma ngingetin. Kalo pemerintahnya gak mau ya yang dosa pemerintahnya.

    Lagunya John Lennon juga bgus bgt. stuju world with peace!!!
    tapi gimana caranya sembah tuhan tanpa agama ya??

  2. April 20, 2008 at 3:24 pm

    gimana cara sembah tuhan tanpa agama? kan ada yang namanya agnotis ham😀 . tapi yang gw tekankan di kata-kata gw itu adalah, seharusnya kita sebagai manusia beragama itu ya…punya kesadaran untuk menyembah tuhan (masing2). Maksut dari “sembahlah tuhan jangan sembah agama” kasarnya menghujat para islam KTP😀 . gembar gembor saya islam etc. tapi ga ngerti makna dari beragama islam itu sendiri dan lupa sama tuhannya.
    nah kebanyakan dari muslim yang ga toleran ya itu….menyembah agama tapi ga menyembah tuhan. mreka parno kristenisasi dan etc, kemudian melakukan anarkis, padahal sebelum ada orang yang menyerang islam ya kita ga bole nyerang yang lain kan. mreka meninggikan islam, mencaci agama lain, ngebunuh atas dasar nama islam, tapi apa allah suka hal semacam itu? ga kan?!

  3. 3 matocute
    June 24, 2009 at 2:28 pm

    sabar aja..mudah2an kita diberi hidayah..namanya juga manusia tingkatan ilmunya berbeda..begitu juga FPI mungkin penafsirannya berbeda, ataupun takmir masjid yang dideket rumahnya mbak..


Leave a Reply

Selamat Datang


Selamat Datang di blog pribadi saya. Blog ini berisi bermacam macam tentang apa yang terjadi di sekitar saya dan apa yang saya sukai dan saya benci :D
Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya :)

April 2008
M T W T F S S
    May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Chat dengan Nona Sheila!

Kirim Pesan YM

My Tweety

  • @Bukalapak_Care Di transaksi itu sy ada dicharge dana pelayanan 70rban apa dana itu tidak dikembalikan ke sy juga karena transaksi gagal? 6 days ago
  • @Bukalapak_Care sudah dibatalkan oleh seller transaksinya, kira2 kapan uang sy refund ya? Trims :) 6 days ago
  • @Bukalapak_Care kok batas refundnya jadi 3x24 ya? Di policynya kan 2x24, sellernya susah sekali dihubungi dan sy mau beli brg di lapak lain. 6 days ago
  • @Bukalapak_Care nomor transaksi 160332180039 seller tidak ada proses lebih 2x24 jam dan dihubungi slow respon, tolong segera ditindak 6 days ago
  • Balik lagi ke dunia twitter karena keknya ini tempat paling asik buat misuh2 😂🙈 1 month ago

Archieves

GROUP


Pernah Ngutang di KANTIN MILAN
The Garden Of Everything Fanlisting

RSS Kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

My Devious Gallery


++++++++++++++++++++++
visit my gallery
++++++++++++++++++++++




my latest work


-Elizabeth-

my featured work


-Azure-

Quote of The Day

Hippies.They're everywhere. They wanna save the earth, but all they do is smoke pot and smell bad.
-Eric Cartman-

Blog Stats

  • 111,078 hits

