17
Apr
08

AIDS dan masyarakat

Pas tadi di rumah acil, gw ada nonton acara di Metro TV (gw lupa judulnya) yang ngebahas tentang para pengidap AIDS. Tokoh utama di acara tersebut adalah seorang aktivis yang mengidap AIDS karena dulunya dia seorang pemakai narkoba. Dia sekarang menjadi aktivis. Gw lupa namanya ntu orang. Nasib ntu orang cukup tragis si, setelah dia tau kalo dia positiv AIDS, dia ditinggalin ama istrinya dan ortunya pun udah ga nganggep dia anak lagi. Ditambah lagi masyarakat di sekitarnya mengucilkan dirinya. Gw miris nonton acara ntu, waktu dia nyeritain betapa rindunya dia sama anaknya yang dibawa pergi ma istrinya dia nahan nangis lo (walo akhirnya air matanya keluar juga). Ada beberapa hal yang gw tertarik dalam kasus orang ini. Yang pertama adalah ortu.

Hell, ortu dia itu bener-bener ga pantes jadi ortu. Seenak udel maen usir. Seenak udel mutusin darah anaknya. Lha….kalo anak ga menjadi sesuai yang diharapkan jadi dengan semudah itu memutuskan tali darah? Emangnya anak itu barang, ga suka langsung buang? Anak jadi nyandu Narkoba, tanya kenapa?

Gw jadi inget cerita tentang seorang anak yang jadi berandal. Bapaksang anak gila kerja, sedangkan sang ibu hanya tau bagaimana cara supaya sang bapak senang. Suatu saat ortunya mengusir sang anak dan bilang bahwa dia bukan anaknya lagi. Trus itu anak punya spupu yang masi SD bilang gini “Kalau kalian orang tua membuang kami segampang itu, lalu kami yang belum dewasa ini harus bagaimana?”

Yang kedua adalah masalah pengucilan masyarakat terhadap orang AIDS. Orang dalam acara Metro TV itu ngomong, bahkan waktu dia diperiksa di RS aja perawatnya jijik ama dia. Dia sampai ngomong “Kalau anda ga berani menyentuh saya, tidakusah jadi perawat saja.” Bayangkan, bahkan perawat yang notebene seharusnya tau bahwa AIDS hanya menjangkit lewat cairan tubuh masi juga ga berani nyentuh penderita AIDS. Bodoh bangeds tu perawat. Ada apa dengan masyarakat kita? Kalau melihat kejadian perawat itu, pengucilan terhadap penderita AIDS bukan hanya disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyrakat tentang AIDS. Gw rasa masyarakat sudah terstigma bahwa AIDS adalah penyakit gampang menular dan mematikan. Gw bandingkan ama orang yang doyan ngerokok, gw rasa kans meninggal mreka sama dengan penderita AIDS. Kan masa inkubasi AIDS lama banged. Bisa sampai 20 tahun bukan? Lagian gw jadi ingat pilem Lord of War, di mana pecun Afrika yang lagi grepe grepe Nicolas Cage yang ketakutan kejangkita AIDS ngomong gini “Kenapa kamu harus takut dengan sesuatu yang bisa menyebabkan kamu mati nanti, padahal kamu bisa saja mati saat ini.”

Sudah saatnya kita mulai belajar toleransi. Entah kenapa gw rasa masyarakat beragama saat ini mulai memudar rasa toleransinya, terutama terhadap sesuatu yang telah terstigma negatif. Padahal orang orang itu mempunyai alasan masing-masing kenapa bisa terjerumus di dunia hitam. Dan kita juga harus sadar bahwa kita tidaklah sedemikian suci hingga menganggap orang lain buruk. Kenapa orang tua menyalahkan anak yang dilahirkannya. Kalau tidak bisa menerima kenyataan anak telah tersesat, dari awal ga usah punya anak saja.

Seperti kata Seishirou di Tokyo Babylon “If people were equal, the world would not have developed this far.”

P.S : sang penderita AIDS yang di Metro TV itu sudah menikah dengan sesama aktivis AIDS yang juga terjangkit AIDS. At least, he still has happy ending🙂


0 Responses to “AIDS dan masyarakat”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Selamat Datang


Selamat Datang di blog pribadi saya. Blog ini berisi bermacam macam tentang apa yang terjadi di sekitar saya dan apa yang saya sukai dan saya benci :D
Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya :)

April 2008
M T W T F S S
    May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Chat dengan Nona Sheila!

Kirim Pesan YM

My Tweety

  • @Bukalapak_Care Di transaksi itu sy ada dicharge dana pelayanan 70rban apa dana itu tidak dikembalikan ke sy juga karena transaksi gagal? 6 days ago
  • @Bukalapak_Care sudah dibatalkan oleh seller transaksinya, kira2 kapan uang sy refund ya? Trims :) 6 days ago
  • @Bukalapak_Care kok batas refundnya jadi 3x24 ya? Di policynya kan 2x24, sellernya susah sekali dihubungi dan sy mau beli brg di lapak lain. 6 days ago
  • @Bukalapak_Care nomor transaksi 160332180039 seller tidak ada proses lebih 2x24 jam dan dihubungi slow respon, tolong segera ditindak 6 days ago
  • Balik lagi ke dunia twitter karena keknya ini tempat paling asik buat misuh2 😂🙈 1 month ago

Archieves

GROUP


Pernah Ngutang di KANTIN MILAN
The Garden Of Everything Fanlisting

RSS Kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

My Devious Gallery


++++++++++++++++++++++
visit my gallery
++++++++++++++++++++++




my latest work


-Elizabeth-

my featured work


-Azure-

Quote of The Day

Hippies.They're everywhere. They wanna save the earth, but all they do is smoke pot and smell bad.
-Eric Cartman-

Blog Stats

  • 111,078 hits

