25
Nov
08

Donor Organ Tubuh

Begitulah…setelah bingung maw nulis apa di blog, berhubung topik kemaren yang maw ditulis persiapannya belum rampung (ceile…belum rampung :lol: kek proposal adja…. :lol: ).

Dan ntah kenapa…setelah gw baca salah satu blog teman kampus saya, saya jadi kepikiran soal mendonorkan organ tubuh. Kenapa dari dulu gak kepikiran, dan saat ini gw lagi antusias banged cari tahu soal donor organ tubuh.

Dan setelah gw cari caripun, gw baca mendonorkan organ tubuh itu boleh secara hukum agama gw. Jadi why not gitu….secara prasaan donor organ tubuh gak jauh beda sama donor darah :lol: (bedanya kalo donor darah kerasa sakitnya :lol: )

Jadi begitulah, kenapa gw tertarik pengen donor organ tubuh? Hal ini sungguh gak ada paksaan, keinginan ini bener2 keinginan tulus gw. Lagian habis kita meninggal, tubuh ini toh membusuk juga, cuman jadi makanan cacing dan pengurai (bahkan gw mikir, mending badan ini dikremasi daripada membusuk di dalam tanah :lol: ). Mending disumbangkan untuk orang yang sangat membutuhkan. Bayangkan kalo kita bisa menyelamatkan sedikitnya satu nyawa, ato mengubah kehidupan para penderita yang memerlukan transplantasi organ.

Dan seperti yang sering kita nonton2 di pilem2 holiwut, perdagangan ilegal organ tubuh itu cukup merajalela. Itu karena sedikitnya orang2 yang maw jadi donor organ. Jadi banyak orang2 miskin yang dieksploitasi untuk diambil organnya demi uang.

Terlebih di Indonesia, gw aja jarang banged denger ada donor organ. Baru taw kalo ada situsnya bank mata indonesia (tapi gw gak taw bener ato gak).

Memangnya kenapa gak maw mendonorkan organ? Gak maw mayatnya ntar dicabik2? Pas udah mati mana bisa lagi lah mikirin hal2 begitu :lol:

Tentu saja keinginan ini masi ada kendala, pertama sih belum laporan ama ortu (dan berhubung juga ortu gw cukup oldfashioned, jadi keknya rada sulit minta izinnya) tapi pas gw baca persyaratannya sih keputusan pendonoran organ tubuh tidak bisa diganggu gugat pihak keluarga yang bersangkutan. Jadi ya…….klo udah saatnya mungkin gw bakal nekat :lol: Kedua, gw belum terlalu banyak dapat informasi soal donor organ ini, terlebih Indonesia masih belum merakyat soal organ donor ini.

Hmm…jadi pengen bikin acara untuk mengkampanyekan donor organ tubuh di kampus deh :lol:

Oiya, gw juga masih bingung sih apakah donor organ itu bisa milih ato gak. Maksut gw bisa milih untuk mendonorkan untuk para penderita yang memerlukan donor ato untuk pendidikan. Karena gw lebih prefer untuk mendonorkan organ tubuh untuk para penderita yang memerlukan organ.

Jadi temen2…coba pikirkan dari sekarang, sama skali gak ada ruginya mendonorkan organ tubuh. Lebih baik melakukan hal nyata dengan cara2 seperti ini daripada melakukan kampanye menyalahkan manusia dan lain2 atas global warming selagi merokok :lol:ato menyalahkan para cewek karena make parfum karena bisa menimbulkan tindak maksiat :lol:

Kalo salah satu pembaca di sini punya info untuk donor organ tubuh tolong berbagi informasinya :) Gw bener2 serius buat donor organ tubuh ini (dan sayang sekali ternyata di Indonesia belum ada donor jantung, yang ada cuman donor mata, ginjal,dan sumsum tulang belakang).

18 Responses to “Donor Organ Tubuh”


  1. November 25, 2008 at 11:11 am

    saia ga bisa memberikan info untuk donor organ tubuh,saia hanya bisa berdoa mudah-mudahan cita2 mbak sheila untuk mendonorkan organ tubuhnya cepat tercapai….

  2. November 25, 2008 at 2:27 pm

    @rafa : Wah,doa’ny jelek bgt.
    Ga usah cepet2 non mencapai cita2mu yg ini,wakakakak. Aq jd pengen mempertimbangkan juga. Pemikiran bagus

  3. 3 Tiqa
    November 25, 2008 at 5:27 pm

    waduh…
    ada ya yang doain kamu cepet2 out tuh she…hahaha
    hmm…klo niat baik pasti nti juga ada jalannya…

  4. 4 gin
    November 25, 2008 at 8:07 pm

    wah,.
    jangan dulu dunk..
    sheila masih dbutuhkan untuk menonton film di movie box,.
    dalam hal ini adalah karu member nya sih,.
    hahahahahaha

    moga2 aja direstui she,.
    tapi gimana dengan tunanganmu??
    apakah dia juga akan mengikuti jejakmu???
    wkwkwkwkwkwk…

  5. November 25, 2008 at 8:19 pm

    akhirnya…sheila posting oi…
    Sebenernya menurutku itu tindakan gila,saya pengen mati utuh saja,g ada yg kurang.
    Tapi jika bisa donor lemak,saya pasti mau,kamu juga mau kan shel?misal donor ke risa ato ratih gitu.ha ha ha..sayang itu gak ada.

  6. November 25, 2008 at 8:51 pm

    @rafa : smoga doamu bukan dalam bentuk hal yang negatif ya :lol:

    @viest : ayo is, ngapain juga plihara tubuh klo udah jadi mayat juga :lol:

    @gin : tunangan gw? :lol: why not gitu loo…gw sih hanya menyarankan…keputusan itu berada di pihak masing2. kan ada beberapa orang yang lebih suka mayatnya jadi kotoran cacing daripada jadi useful dengan disumbangkan ke orang lain :lol:

    @zie : that’s what i said before. fungsinya kamu mati dalam keadaan utuh itu apa? lebih senang jadi kotoran cacing? :lol: klo dipikir, jauuuuh lebih menguntungkan mendonorkan organ tubuh setelah kita koit. gw sih sepanjang gak menyakitkan gw, ato merugikan gw, kenapa gak. toh gw mati mayat gw cuman jadi onggokan daging, mati dengan jasad sempurna pun akhirnya jadi pupuk kompos pohon kamboja… :lol:

  7. November 25, 2008 at 11:54 pm

    Wew,sheil,hebat kmu brani ngmg gt.hehe,aq ngeri bayanginnya.mg2 suatu saat nanti aq brani.amin

  8. November 26, 2008 at 6:03 am

    ga negatif kok…

  9. November 29, 2008 at 12:32 am

    Jadi rencana mau nyumbangin organ tubuh apa nih? :D

    Gw rasa ada alasan tertentu deh kenapa tubuh kita ini ga boleh dikremasi. Coba lihat Surat Thaha: 55. Nih ada link-nya: http://www.pesantrenvirtual.com/tanya/310.shtml

    Ga kepikiran sama sekali di kepala gw untuk mendonorkan organ tubuh. Kenapa? Karena gw masih hidup, belom mati. :D Gw masih membutuhkan semua yang di dalam tubuh gw ini untuk hidup.

    Mungkin laen cerita kalo gw berwasiat “ketika aku mati nanti, monggo organ tubuhku yg masih sehat kalian ambil dan berikan kepada pasien cangkok yg memerlukan”.

    Tapi…………
    entah kenapa gw ga ada keinginan sama sekali untuk mendonorkan organ tubuh gw. Dengan tubuh gw yg sekarang ini aja gw masih sering sakit2an, gimana kalo ada organ tubuh yang hilang?

  10. November 29, 2008 at 9:07 pm

    @asop :
    kamu keknya salah tanggap deh, saya maw nyumbangin organ tubuh ini setelah mati, bukan sekarang :lol: kalo pas masi idup ya saya gak maw laaa…saya gak sedesperate itu maw membantu orang lain sampai harus ngorbanin nyawa sendiri :lol:

    masalah kremasi itu yeeeee….itu mah andai2 saya aja :lol: udah taw la itu gak bole, itu cuman keinginan egois saya aja karena gak maw mayat saya nanti jadi kotoran cacing :lol:

  11. November 30, 2008 at 12:19 pm

    =)) =)) =)) :))

    Ooo gitu toh! Huakakkakaakakkaakakakakkakakka! Makanya gw heran!! Huhuhu…. Hebat banget nih Ojo-sama, kok mau2nya nyumbangin organ tubuh pas masih hidup… Huakakkaka!

    :))

  12. 12 Bobby
    December 24, 2008 at 8:55 am

    Aku sangat mendukung banget dengan keinginan kamu untuk mendonorkan organ tubuh, aku juga sama dengan keihlasan dan keinginan diriku sendiri aku juga ingin sekali bisa mendonorkan organ tubuhku.. dengan begitu aku bisa sangat merasa berguna hidupku ini.
    Aku mohon infonya bagaimana cara dan prosedurnya jika kita mau mendonorkan organ tubuh kita.
    Mohon infonya ke alamat emailku: mahbobjunaidi@yahoo.com
    Terima kasih

  13. 13 dodik
    April 23, 2009 at 10:01 pm

    Buat tiqa
    akupun berniat donor semua organ, termasuk buat parktik kedokteran, dari pada dikubur
    dimakancacing mending dimanfaatin, buat apa ajalah! Tolong kasih sarannya!
    dodiek7777@yahoo.co.id

  14. 14 jeanie
    August 7, 2009 at 4:12 am

    wah kak sheila hebat..
    Aku juga pengen mendonorkan organ tubuhku , malahan dari 4 tahun yang lalu waktu umurku baru 13 thn. Btw, makasi banyak ya kak atas infonya..

  15. 15 sarina
    May 26, 2010 at 9:48 pm

    iya nih..sudah sebulan belakangan ini kepikiran untuk donor organ ketika meninggal.. toh kalo uda meninggal..tidak merasakan apa apa lagi…dan mungkin ada org yang membutuhkan..cuma sepertinya indonesia belum banyak berita tentang donor organ..jadi takut nya ketemu pula sama yg ilegal..jadi sia sia..prefer nya sih mmg buat yg membutuhkan daripada pendidikan..
    mau dimana ya cari informasi tentang donor organ ya…??

  16. May 27, 2010 at 6:41 pm

    @sarina sebaiknya yang kek gitu mending ditanyakan ke rumah sakit yang kompeten aja. kalo gak salah dulu gw nemu situs donor organ kok, cuman mata aja sih. dan perlu diingat donor organ juga macam2, ada yang buat disumbangin ke orang sakit yang memerlukan atau dijadikan bahan percobaan. nah pilihan kedua ini terus terang gw ogah hahaha….emang demi penelitian, tapi kalo denger temen2 mahasiswa kedokteran gw memperlakukan mister kadaver gw jadi ogaah…

    tapi gw tetep ada niat maw donor organ bagi orang sakit yang membutuhkan kok…smoga niat kita terlaksana :D

  17. 17 Dharliem
    November 30, 2011 at 5:46 pm

    Sama nih gw juga niat buat donor organ tubuh…infonya donk…thanks!

  18. 18 michele sitorus
    March 3, 2012 at 10:33 pm

    Dear nonasheila

    Salam kenal, saya tertarik dengan keinginan anda mendonorkan organ tubuh. Saya juga mempunyai keinginan yang sama. Di negara maju donor organ sudah bukan menjadi sesuatu yang aneh, tetapi di lakukan saat2 meninggal. Indonesia memang jarang terdengar orang melakukan donor organ dan sehingga menjadi sesuatu yang aneh. Di negara luar , organ tubuh setelah di donorkan, tubuhnya di kremasi dan abunya di siram di pohon menjadi pupuk. Hidup di dunia kita bisa memberikan kontribusi, meninggal juga kita masih bisa membantu orang dan bersumbangsih secara pikiran dewasa, kita semua tahu itu adalah hal yang baik dan mulia. Walaupun agama kita berbeda, saya percaya apa yang di pegang Tuhan di akhirat adalah tabungan kebaikan kita. Masak Tuhan kita masing2 nanti minta KTP untuk lihat agama setiap orang pada saat di akhirat? Kalo begitu apa yang di ajarkan Tuhan kita di dunia ini tentang kasih dan kebaikan omong kosong dan tidak singkron donk karena Tuhan kita adalah Tuhan yang egois karena pada saat di akhirat Tuhan tidak menerima kita karena agamanya beda bukan karena kebaikan kita.
    Jadi menurut saya, Perbedaan agama hanya cara menjalankan saja, tapi semua bermuara pada satu tujuan ” Kasih ”

    Untuk informasi donor organ tubuh, anda bisa menanyakan di Tzu Chi. Tzu Chi di taiwan sudah menerima donor organ tubuh. Tzu Chi Indonesia sudah pernah saya tanyakan, mungkin kalo da banyak yang berminat mereka juga bisa.

    Oh ya….Berhati – hatilah dalam memilih yayasan organ tubuh , karena banyak sekali yang setelah di donor di jual / di komersialkan.

    Salam

    Michele


Leave a Reply

Selamat Datang


Selamat Datang di blog pribadi saya. Blog ini berisi bermacam macam tentang apa yang terjadi di sekitar saya dan apa yang saya sukai dan saya benci :D
Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya :)

November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Chat dengan Nona Sheila!

Kirim Pesan YM

My Tweety

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Archieves

GROUP


Pernah Ngutang di KANTIN MILAN
The Garden Of Everything Fanlisting

RSS Kompas

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

My Devious Gallery


++++++++++++++++++++++
visit my gallery
++++++++++++++++++++++




my latest work


-Elizabeth-

my featured work


-Azure-

Quote of The Day

Hippies.They're everywhere. They wanna save the earth, but all they do is smoke pot and smell bad.
-Eric Cartman-

Blog Stats

  • 72,536 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

